Bernilai Ekonomis Tinggi, Yuk Cari Tahu Cara Budidaya Porang Dengan Benar

  • by

Cara Budidaya Porang – Porang termasuk deretan tanaman umbi umbian yang tumbuh subur di tanah Indonesia. Kaya manfaat bagi kehidupan manusia, bahkan tingkat permintaan ekspor porang ke berbagai negara cukup tinggi. Tingginya permintaan pasar, membuat petani penasaran terkait cara budidaya porang yang benar untuk menghasilkan produk berkualitas. Berikut caranya.

budidaya porang

Alasan Membudidayakan Porang Banyak Diminati Masyarakat

Kemudahan Proses Budidaya

Kemudahan dalam proses membudidayakannya, merupakan salah satu alasan lain mengapa budidaya porang begitu diminati. Asalkan mengetahui cara menanamnya dengan tepat dan dirawat dengan baik, maka umbi yang dihasilkan memiliki kualitas jempolan. Semakin tinggi kualitasnya, maka semakin tinggi pula nilai jualnya.

Porang termasuk tanaman yang cocok ditanam di lahan terbuka. Sehingga Anda bisa memanfaatkan lahan yang tidak digunakan sebagai media tanam pohon porang. Dengan cara ini, lahan kosong berubah menjadi lahan penghasilan yang mendatangkan pundi pundi pendapatan menggiurkan. Tidak heran jika banyak petani mencoba membudidayakan tanaman satu ini.

Nilai Jual Tinggi

Kian bertambahnya tahun, nilai jual porang terpantau mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini juga ditandai dengan tingginya permintaan pasar yang kian bertambah setiap tahunnya. Tentu saja fenomena ini membuat petani mampu meraup keuntungan berlipat. Tidak hanya dalam negeri, bahkan permintaan ekspor porang tidak kalah tinggi.

Kaya akan Manfaat

Selama ini masyarakat mengenal porang sebagai salah satu jenis tanaman yang dapat diolah menjadi bahan makanan. Dibalik kelezatannya yang tampak menggoda selera, siapa sangka kandungan di dalamnya mampu menghadirkan sejumlah kebaikan bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin ?

Mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker berbahaya, mengobati diabetes, hingga menjaga kesehatan kulit bisa didapatkan dari tanaman umbi umbian satu ini. Bahkan ada pula studi yang mengatakan bahwa porang dapat dijadikan sebagai menu sehat bagi mereka yang menjalani diet.

Syarat Membudidayakan Porang

Sebelum mulai menerapkan cara budidaya porang, setidaknya penting untuk mengetahui syarat agar tanaman ini dapat tumbuh subur. Dengan memenuhi persyaratan penanaman, dijamin mampu menghasilkan tanaman porang berkualitas tinggi. Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk mewujudkan impian tersebut ?

cara budidaya porang

Kondisi Lingkungan

Persyaratan ketika hendak menanam porang, berkaitan erat dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Porang sebenarnya termasuk tanaman yang membutuhkan kerapatan naungan sekitar 40% atau lebih. Pohon Jati, pohon Sono, dan pohon Mahoni adalah naungan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman porang.

Iklim

Iklim termasuk hal krusial yang tidak kalah penting diperhatikan saat menanam porang. Sebab tanaman satu ini memiliki toleransi tumbuh di tempat yang teduh. Jika terlalu lama tersengat sinar matahari, ada kemungkinan tanaman mudah layu atau pertumbuhannya yang terhambat. Sehingga para petani harus memastikan jika tanaman porang ditanam di daerah yang teduh.

pH Tanah

Beruntungnya porang adalah tanaman yang dapat tumbuh subur di segala jenis tanah. Namun pertumbuhannya menjadi lebih maksimal ketika dibudidayakan pada tanah gembur dan tidak tergenang air terlalu banyak. Sedangkan tingkat pH tanah ideal untuk mengoptimalkan pertumbuhan porang yaitu 6 hingga 7.

Ketinggian Tanah

Porang termasuk tanaman yang umumnya tumbuh subur di daerah dengan ketinggian sekitar 0 hingga 700 mdpl. Namun idealnya tanaman kaya manfaat ini tumbuh di dataran yang memiliki ketinggian mencapai 100 hingga 600 mdpl. Pastikan ladang penanaman porang berada di daerah ketinggian tersebut untuk mendapatkan hasil maksimal.

Teknik Mengembangbiakkan Porang

Ada tiga cara menanam porang yang baik dan benar yaitu dari umbi, dari bulbil porang atau katak, serta dari buah maupun biji. Ketiga metode pengembangbiakkan porang tersebut memiliki keuntungan yang berbeda, sehingga penting mengetahui perbedaannya. Untuk memahaminya lebih dalam, silahkan simak ulasan berikut.

cara budidaya porang agar cepat panen

Mengembangbiakkan Porang Dari Umbi

Anda bisa mengambil umbi porang berukuran kecil sebagai cara mengembangbiakkannya. Bibit ini bisa didapatkan dari pengurangan tanaman porang yang mulai rapat. Hasil pengurangan dari tanaman porang inilah yang nantinya dimanfaatkan sebagai bibit unggulan. Bagaimana dengan umbi porang berukuran besar ?

Anda bisa mendapatkan bibit dari porang berukuran besar dengan cara membelahnya menjadi beberapa bagian. Bagian tanaman porang yang sudah terpotong, bisa ditanamkan kembali pada lahan yang sudah disiapkan. Langkah selanjutnya dapat disesuaikan dengan cara penanaman porang seperti biasa.

Mengembangbiakkan Porang Dari Bulbil Porang

Cara budidaya porang selanjutnya dilakukan melalui bulbil tanaman itu sendiri. Bibit ini memiliki warna cokelat kehitaman dan muncul di sekitar pangkal daun ketika masuk musim panen. Kumpulkan bulbil porang, lalu simpan di tempat yang aman hingga memasuki musim penghujan. Ketika masa itu datang, silahkan tanamkan bulbil porang pada lahan yang sudah disiapkan.

Mengembangbiakkan Porang Dari Buah atau Biji

Penembangbiakkan porang juga bisa dilakukan melalui biji atau buahnya. Umumnya tanaman ini berbunga dalam kurun waktu 4 tahun, kemudian menghasilkan bunga atau biji. Setidaknya satu tongkol buah porang dapat menghasilkan biji kurang lebih 250 butir. Kumpulan biji tersebut dapat digunakan sebagai bibit usai melewati proses semai terlebih dahulu.

Tips Mudah Menanam Porang

Menyiapkan Lahan Penanaman Porang

Banyak hal yang perlu dipersiapkan saat hendak menanam pohon porang, salah satunya adalah lahan. Umumnya tanaman satu ini tumbuh di sebuah lahan terbuka atau lahan yang dilengkapi dengan sejumlah naungan pepohonan rindang. Apabila berniat menanamnya di lahan ladang terbuka, sebaiknya singkirkan gulma atau sisa tanaman lainnya.

Jika menyingkirkan gulma secara manual terlalu menyita waktu dan tenaga, Anda bisa membajak atau menggemburkan tanah sebagai alternatifnya. Setelahnya buatlah guludan beserta lubang tanamnya dengan jarak masing masing 25 cm x 50 cm, atau dengan jarak 15 cm x 60 cm. Tambahkan pula pupuk kompos dan sekam di setiap lubang tanamnya.

Pupuk kompos mengandung berbagai nutrisi baik bagi tumbuh kembang tanaman porang. Oleh karenanya, jangan sampai lewatkan pemberian pupuk terutama saat awal penanaman. Tidak hanya melengkapi nutrisi untuk mengoptimalkan pertumbuhan porang semata, sebab pemberian pupuk juga membantu menghasilkan porang berkualitas.

budidaya porang pdf

Memulai Proses Penanaman

Apabila semua persiapan sudah lengkap, maka kini saatnya memulai proses penanaman bibit tanaman porang. Sebenarnya Anda bisa menanam bibitnya secara langsung menggunakan sistem umbi. Namun cara ini tidak berlaku ketika menggunakan sistem biji. Sebelum menanamnya di ladang, sebaiknya disemaikan dahulu menggunakan polybag.

Penanaman melalui sistem umbi juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Masukkan tunas tanaman menghadap ke atas langit, kemudian tutup menggunakan tanah setinggi 3 cm dan pastikan semua permukaan umbi tertutup sempurna. Namun pastikan tunas tidak tertutupi tanah agar pertumbuhannya tidak terhambat. Satu lubang tanam hanya perlu diisi dengan satu bibit porang.

Ketika tanaman porang sudah berusia lima tahun, umumnya tanamannya akan berubah warna menjadi kekuningan dan perlahan mati dengan sendirinya. Disaat bersamaan, fenomena tersebut membuat katak tanaman porang ikut berjatuhan. Selain dimanfaatkan sebagai bibit penanaman selanjutnya, Anda bisa mengumpulkannya untuk kemudian dijualkan.

Bulan Oktober hingga Desember atau dikenal sebagai awal musim penghujan, merupakan waktu ideal untuk memulai budidaya tanaman porang. Pada musim tersebut, biji porang dapat tumbuh dengan maksimal karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi sempurna. Untuk menunjang pertumbuhannya, Anda hanya perlu memberikan perawatan secara rutin.

Ketika memasuki musim kemarau, para petani tidak perlu panik ketika mendapati tanaman tersebut mulai layu atau bahkan mati. Sebenarnya kondisi ini terjadi secara alami, karena disebabkan oleh proses dormansi. Saat memasuki musim penghujan, tanaman ini pun hidup kembali dengan jumlah anakan lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Perawatan Tanaman Porang

Memberikan perawatan rutin kepada tanaman porang termasuk bagian dari cara budidaya porang. Hanya diperlukan perawatan sederhana, sehingga petani tidak perlu mengeluarkan anggaran lebih untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Salah satu perawatan yang tidak boleh lupa dilakukan, yaitu membersihkan area lahan dari serangan gulma.

Gulma umumnya muncul dan tumbuh subur ketika musim penghujan tiba. Sebelum tanaman pengganggu ini menyerap semua nutrisi pada tanah, akan lebih baik jika membasminya segera hingga tidak ada yang tersisa. Tidak hanya menyerap semua nutrisi bagi pertumbuhan tanaman, namun gulma terlihat kurang sedap dipandang.

Selain membasmi gulma, peninggian guludan tidak kalah penting dilakukan. Peninggian guludan bertujuan untuk menjaga tanaman tetap tegak berdiri. Ketika guludan telah dibuat lebih tinggi, tanaman tidak akan mudah roboh ketika tertimpa angin kencang ataupun genangan air sekalipun. Alhasil tanaman ini pun tumbuh dengan maksimal dan hasilkan umbi berkualitas.

Jangan lupakan pentingnya melakukan penjarangan pada setiap lubang tanam. Cara ini dilakukan agar umbi dapat tumbuh maksimal dan memiliki kualitas jempolan. Demi mendapatkan hasil maksimal, lakukan pemupukan menggunakan pupuk organik pada awal proses penanaman. Selanjutnya pupuk organik bisa diberikan kembali ketika tanaman sudah mulai tumbuh.

budidaya porang di lahan terbuka

Tahap Memanen

Panen adalah masa yang paling ditunggu oleh semua para petani. Tanaman porang yang ditanam dengan sistem umbi, sudah bisa dipanen apabila memasuki 7 bulan. Sedangkan tanaman porang yang ditanam menggunakan bibit, baru memasuki panen ketika berusia 18 hingga 24 bulan lamanya. Jika ingin mendapatkan hasil cepat, maka penanaman dengan sistem umbi lebih disarankan.

Cara memanen tanaman umbi umbian ini pun terhitung cukup mudah diterapkan. Dimana Anda hanya perlu menggali sekitar tanaman porang terlebih dahulu untuk memunculkan bagian umbinya. Cara ini cukup efektif menarik tanaman beserta umbinya bersamaan, tanpa ada yang tertinggal di bawah permukaan tanah.

Hama Pengganggu Tanaman Porang dan Cara Membasminya

Membudidayakan tanaman porang memang terkenal mudah. Namun perjalanan untuk menghasilkan umbi berkualitas tentu tidak semulus yang dibayangkan. Sebab dalam masa pertumbuhannya, ada kemungkinan hama pengganggu mulai berdatangan. Hama pengganggu tanaman porang berupa serangga Galerucidae bicolor.

Serangga satu ini kerap menyerang daun berlubang insektisida atau dengan cara mekanis. menggunakan insektisida atau dengan cara mekanis. Agar serangga tidak menyerang tanaman budidaya kembali, lebih disarankan untuk melakukan penyiangan gulma secara rutin sebagai bagian dari cara budidaya porang.

Manfaat Porang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sumber Pangan Manusia

Porang termasuk salah satu jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan alternatif. Sebab kandungan senyawa glukomanan pada porang, dapat diubah menjadi tepung kaya nutrisi baik bagi tubuh manusia. Tidak hanya kaya akan nutrisi, ternyata porang juga mengandung serat cukup tinggi serta memiliki 7 macam asam amino penting bagi tubuh manusia.

Tepung konyaku adalah salah satu produk yang terbuat dari olahan tanaman porang. Tepung tersebut memiliki komposisi 10% hingga 30% pati, 2% hingga 5% serat larut dalam air, serta 49% hingga 60 % serat glukomanan. Uniknya tidak ditemukan kandungan karbohidrat atau gluten pada tepung satu ini. Sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes.

Mencegah Kanker

Kanker hingga kini masih menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia dan ditakuti oleh manusia. Selain menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi tanaman porang bisa menjadi solusi cerdas menekan resiko terserang kanker paru paru. Cukup dengan mengkonsumsinya secara teratur, zat di dalam porang efektif mencegah pertumbuhan sel kanker.

Turunkan Gula Darah

Tekanan gula darah tinggi, menjadi salah satu penyebab seseorang rentan terkena diabetes hingga resistensi insulin. Namun hal tersebut dapat ditekan dengan cara mengkonsumsi tanaman porang secara rutin. Kandungan di dalam porang, diklaim ampuh meningkatkan penyerapan nutrisi pada usus kecil hingga meningkatkan insulin dalam tubuh.

Selain itu, senyawa glukomanan mampu mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh darah. Menurut studi yang pernah dilakukan, seseorang yang rutin mengkonsumsi porang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Mampu mendatangkan segudang kebaikan bagi kesehatan tubuh manusia, tidak mengherankan jika porang laris manis di pasaran.

Turunkan Berat Badan

Shirataki adalah salah satu bahan pangan yang ampuh menurunkan berat badan berlebih. Mengetahui hal tersebut, banyak dari masyarakat yang mencoba menjalani diet dengan menggunakan shirataki sebagai makanan alternatif. Shirataki sendiri terbuat dari tanaman porang yang kemudian olahan sedemikian rupa. Mengapa memilih tanaman porang ?

Mengandung senyawa glukomanan yang dikenal ampuh menurunkan berat badan secara efektif, adalah salah satu alasan mengapa pangan satu ini laris manis di pasaran. Bahkan berdasarkan hasil studi yang pernah dilakukan, mereka yang mengkonsumsi porang dapat menurunkan berat badan secara signifikan walaupun tidak berlangsung drastis.

Turunkan Kolesterol

Senyawa glukomanan pada porang tidak hanya efektif menurunkan berat badan semata, namun juga diklaim efektif menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Pernyataan ini diperkuat dengan adanya studi yang menyebutkan bahwa senyawa glukomanan, dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke ketika rutin mengkonsumsi porang.

Atasi Sembelit

Sembelit membuat Anda merasa kurang nyaman dan lemas. Selain mengkonsumsi obat obatan yang telah dianjurkan, ternyata mengkonsumsi tanaman porang juga bisa menjadi obat alami atasi sembelit kronis. Menurut penelitian, seorang penderita sembelit akan sembuh ketika diberikan senyawa glukomanan pada porang selama 10 hari penuh.

Beruntungnya tanaman satu mudah ditemukan di pasar tradisional terdekat. Meski harus mengeluarkan dana sedikit lebih tinggi, namun khasiat yang bisa didapatkan cukup besar. Tidak ada salahnya menanamnya sendiri di pekarangan rumah sebagai alternatif menekan pengeluaran. Dengan menerapkan cara budidaya porang dengan benar, dijamin Anda hasil panennya memuaskan.

Belakangan ini, para petani giat mempelajari cara menanam porang mengingat nilai ekonomisnya yang cukup tinggi. Selain karena faktor nilai jual, tanaman ini mengandung senyawa glukomanan yang mampu memberikan segudang manfaat baik tubuh. Tidak heran jika para petani tertarik membudidayakan tanaman porang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *